7 Dampak Negatif Gadget pada anak

In Teknologi 27 views

Hal yang menyebabkan terjadinya perkembangan dini oleh anak-anak mudah jaman sekarang adalah Gadget. Gadget mempunyai Dampak Negatif yang memang dapat membuat perkembangan pemikiran anak menjadi lebih dewasa, tapi dalam artian dewasa yang berbeda sebagai mana anak-anak kecil usia 6-10 tahun sudah mulai berpacaran, hal ini dikarenakan sinetron dan drama yang ada di gadget dan televisi.

Seperti yang dikutip oleh Kompas LifeStyle, Kata Dokter Anak asal Amerika yang bernama Cris Rawon mengatakan, bahwa pelarang penggunaan Gadget pada anak yang dibawah umur 12 itu sangat perlu, karena banyaknya Dampak Negatif Gadget, yang memang dapat menggangu pertumbuhan anak-anak sebagai Berikut ini :

1.  Jarang Bersosialisasi

Pada saat Perkembangan Anak-anak kita harus memperhatikan bagaimana mereka bersosialisasi, pada dasarnya hal yang peting dalam kehidupan adalah kehidupan sosial mereka, pada saat mereka bermain dengan teman-teman perlu yang namanya berkenalan berjabat tangan dan bermain bersama, beda halnya dengan adanya gadget yang telah merajalela di bumi ini, berkenalan terlihat lebih mudah menggunakan Gadget Masa kini, hanya perlu “Say Hai sebutkan nama dan yah sudah” begitu kata beberapa orang yang mungkin benci dengan adanya Teknologi Gadget masa kini.

2. Bahaya Radiasi

Dalam gadget atau alat elektronik pasti mengandung sebuah radiasi yang dipancarkan dari layar atau LCD. Nah apa sih bahayanya bagi Anak kita ? Radiasi tidak hanya berakibat pengatian tapi juga dapat membuat mata menjadi minus, mandul jika selalu diletakan pada bagian sensitif manusia,

3. Mengalami Sulit Tidur

Ini adalah hal yang sering dialami oleh anak-anak kita, selain menghambat kegiatan, Gadget juga dapat mengganggu waktu tidur anak, karena saat kita Kecanduan Gadget andrenalin serasa tidak ingin beristirahat dan selalu ingin bermain Gadget setiap saat. Hal lain selain gangguan tidur anak akan menjadi susah diatur, susah makan, susah mandi, dan susah lainya.

4. Pertumbuhan Terhambat

Anak-anak usia dini perlu sekali bergerak untuk membentuk beberapa bagian tubuh mereka seperti pembentukan otot, pemahaman tubuh terhadap lingkungan sekitarnya, atau pun beradaptasi terhadap suhu yang berada di lingkunganya. Pada saat bermain Gadget anak-anak akan merasa masal untuk melakukan suatu aktifitas, sebagai contoh pada saat bermain gadget teman mereka memanggil atau mengajaknya bermain bola, namun dia lebih memilih bermain gadgetnya dirumah sedangkan bermain bola adalah olahraga yang dapet membangun sistem kerja otot pada saat mereka berlari dan pemanasan

5. Mengalami Obesitas

Hal ini sering terjadi pada anak yang sering berada dirumah dari pada bermain diluar rumah, dikarenakan keasyikan bermain gadget. Hal itu berdampak buruk pada tubuh mereka, kelebihan berat badan, menumpuknya lemak, dan banyak lagi penyakit yang mungkin bisa terkontaminasi pada saat Obesitas.

6. Kecanduan terhadap Gadget

Kecanduan Gadget

Kecanduan bukanlah hal yang sering kita dengar, kecanduan dengan gadget sama saja kecanduan dengan narkoba yang tidak dapat dipisahkan dari mereka yang sudah kecanduan. Gadget juga dapat membuat kita kecanduan seperti ketika tidak memegangnya sebentar kita mencarinya atau merasa gelisah, lalu saat tidak ada notifikasi kita akan mencari topik obrolan yang mungkin akan membuat kita merasa lama bermain gadget. Hal seperti itu tidak lah wajar jika kita melupakan hal-hal sekitar yang perlu kita lakukan.

7. Terkena Penyakit Mental

Pakar kesehatan mengatakn bahwa penggunaan gadget secara berlebihan dapat membuat kita terjangkit penyakit mental, seperti tingkat kecemasan meningkat, depresi yang berlebihan, defisit perhatian, autisme dan lain-lain. hal ini sangat dicemaskan terjadi pada anak-anak yang berada di usia dini.

Tags: #Dampak Negatif Gadget #Negatif Gadget pada anak

author

Hanya Berbagi Segala sesuatu berupa artikel yang tercetak dunia luar serta dapat membuat hal yang lebih baik. Selalu Belajar Pemrograman dan Review.

No related post!
Must read×

Top